SALAM HANGAT DARI KAMI

ANDA PENGINTIP BLOG yang ke-

Counter Powered by  RedCounter
Selamat datang dan berkunjung ke blognya MGMP MATEMATIKA KAB. KENDAL. Mari kita berbagi ilmu dan pengalaman sambil ngeblog. Lets we go!Blog. Sudah saatnya guru ngeblog.Terimakasih

SELAMAT BERKUNJUNG di blognya MGMP MATEMATIKA SMP KAB. KENDAL

=============================================
Blog sederhana ini sebagai rumah kami Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) MATEMATIKA SMP KABUPATEN KENDAL, sebagai wahana tukar pikiran, sharing ilmu, dan pengalaman.
=============================================
Kepada siapa saja boleh mengirimkan posting, namun terlebih dahulu silakan email kami ke :
mgmpmatsmpkendal@gmail.com

untuk konfirmasi lebih lanjut.
=============================================
Admin sementara :
WANDI, S.Pd
Guru Matematika SMP N 3 SINGOROJO KENDAL
wandirozaq@gmail.com atau wandi_krebet@yahoo.com
www.wandisukoharjo.wordpress.com
087832295009
=============================================

BLOG PUNYA

Foto saya
KENDAL, JAWA TENGAH, Indonesia
===================================================================== KETUA UMUM (2007-2011) : NURBUDITOMO, S.Pd (SMP N 2 KENDAL) Sekretariat : SMP N 2 Kendal Subrayon : Weleri Barat,Weleri Timur,Kendal Barat,Kendal Timur,Boja,Sukorejo =====================================================================

Sabtu, 11 Oktober 2008

TOT, apa dan Mengapa?

TOT, APA ITU?
TOT merupakan nama kegiatan penataran bagi guru, untuk meningkatkan keilmuan dan kualitas pembelajarannya, yang pada akhirnya diharapkan dapat mendongkrak hasil kelulusan siswa, yang dilaksanakan oleh DEPDIKNAS melalui dinas yang berkompeten di setiap propinsi di Indonesia yaitu LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan), melalui kegiatan MGMP. Hasil akhir ini diperoleh dengan mengadakan kegiatan penataran yang diikuti oleh guru mata pelajaran yang diujikan dalam UN (Ujian Nasional, untuk SMP : Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris), -ini sementara-, namun ke depan menurut rencana mata pelajaran yang lain juga akan diadakan.
Kegiatan ini diikuti oleh 3 atau 6 orang guru mata pelajaran wakil setiap kabupaten/kota, hasil seleksi tes calon Guru Pemandu MGMP SMP/SMA tahun 2006 di UNS Surakarta, sehingga sampai sekarang (2008) sudah berjalan selama 3 tahun. Bagi guru pemandu yang keberatan diberi kesempatan untuk mengundurkan diri ke LPMP, dengan tidak boleh diwakilkan/digantikan statusnya sebagai guru pemandu kepada orang lain.
MENGAPA PERLU ADA TOT?
Kegiatan TOT diadakan oleh Depdiknas melalui tangan panjangnya LPMP lebih disebabkan karena kekurangefektivan kegiatan MGMP di setiap kabupaten/kota. Untuk memotivasi kegiatan MGMP agar lebih "ramai", maka pemerintah dalam hal ini Depdiknas mengadakan TOT.
APA HARAPANNYA?
Melalui kegiatan TOT, guru Pemandu diharapkan mampu menularkan ilmu dan pengalamannya kepada rekan-rekan lain di MGMP, sehingga diharapkan hasil akhirnya adalah terjadinya peningkatan kualitas dan kuantitas kelulusan anak didik.
Beberapa kegiatan MGMP yang diprakarsai melalui Guru Pemandu adalah Kegiatan penataran KBK dan Revitalisasi MGMP yang sudah berjalan. Di samping itu, penulis dapatkan ilmu NGEBLOG ini juga dari TOT. Kami yakin, bahwa bapak/ibu guru ikut merasakan bahwa akhir-akhir ini MGMP di setiap kabupaten/kota sudah lebih aktif dengan berbagai kegiatannya, bukan seperti pemahaman klasik yang mengatakan bahwa untuk apa kita ikut-ikutan MGMP toh hasilnya sama saja. Paling-paling MGMP kan hanya ma'af MULIH GASIK MAMPIR PASAR. Bagaimana menurut Anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kami menerima saran, masukan, dan nasehat, berupa:
1. Apa yang kurang dalam blog ini?
2. Apa yang kurang dalam MGMP Matematika SMP Kendal?
3. Saran/masukan dapat di layangkan langsung ke kolom komentar di bawah postingan (tulisan), atau lewat email kami : mgmpmatsmpkendal@gmail.com